Arti statistik dan statistika

kata statistika berasal dari bahasa latin yaitu status, yang berarti keadaan politik. pada awalnya kata statistika digunakan untuk merujuk kepada data tentang keadaan politik, data sensus, data militer, dan data fiskal. sensus penduduk dan kekayaan telah dilakukan oleh raja Fir'aun di Mesir dan orang - orang Yahudi Kuno (Tiro, Arif, 2008).
dewasa ini, makna statistika menjadi semakin luas yang dimaksudkan sebagai cara ilmiah untuk mengumpulkan, mengorganisir, menyajikan, dan menganalisis data, serta menarik kesimpulan sahih dan mengambil keputusan layak berdasarkan analisis yang dilakukan.


dalam keterangan yang lain menerangkan bahwa pengertian statistik itu sendiri berasal dari kata state (Yunani) yaitu negara dan digunakan untuk urusan negara. dari uraian ini dapat dikatakan bahwa statistik adalah rekapitulasi dari fakta yang berbentuk angka - angka disusun dalam bentuk tabel dan diagram yang mendeskripsikan suatu permasalahan. statistik bisa digunakan untuk ukuran sebagai wakil dari sekelompok fakta. untuk memperoleh sejumlah informasi yang menjelaskan masalah untuk ditarik kesimpulan yang benar harus melalui beberapa proses yaitu pengumpulan informasi, pengolahan informasi, dan proses penarikan kesimpulan. kesemuanya itu memerlukan pengetahuan tersendiri yang disebut statistika (Riduwan, 2008).

berdasarkan kamus besar indonesia (KBI) mengartikan bahwa statistika adalah ilmu tentang cara mengumpulkan, menabulasi, menggolong-golongkan, menganalisis, dan mencari kete-rangan yang berarti dari data yang berupa angka; pengetahuan yang berhubungan dengan pengumpulan data, penyelidikan dan kesimpulannya berdasarkan bukti, berupa catatan bilangan (angka-angka). sedangkan statistik diartikan catatan angka-angka (bilangan); perangkaan; data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.

berdasarkan fungsinya, statistika dapat digolongkan menjadi dua bidang yang tumpang tindih; statistika deskriptif dan statistika inferensial. perhatian utama statistika deskriptif adalah menyajikan informasi alam bentuk yang tepat, dapat digunakan, dan dapat dimengerti. statistika inferensial berhubungan dengan metode perampatan (generalization) informasi, atau secara lebih khusus dengan menarik kesimpulan tentang informasi yang didasarkan pada sampel yang ditarik dari populasinya.

dalam keterangan yang lain menerangkan bahwa dalam perkembangannya untuk menyelesaikan suatu masalah dapat digunakan beberapa pendekatan antara lain statistika dalam arti sempit dan dalam luas. statistika dalam arti sempit adalah statistika yang mendeskripsikan data yang disajikan dalam bentuk deskripsi data. sedangkan statistika dalam arti luas merupakan suatu alat pengumpulan data, pengolahan data, menarik kesimpulan, membuat tindakan berdasarkan analisis data yang dikumpulkan. 

demikian penjelasan singkat mengenai statistik dan statistika, untuk memperoleh perbandingan keterangan yang lain banyak anda bisa dapatkan di berbagai referensi online.





No comments:

Post a Comment